contoh makalah tetang musik barat : zaman Impressionisme

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

    Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

    Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Bandung, Januari 2018


Kelompok 10






                                                                                                                                                      i


DAFTAR ISI

                                 KATA PENGANTAR ……………….............……………………………… i
DAFTAR ISI ………………………..........................………………………………… ii
                                   BAB  PENDAHULUAN ……...........……………………………………. 1
A. Pengertian Musik Impresionisme ………………………………………….. 1
B. Sejarah Musik Impresionisme ………….………………….................... 2
C. Ciri - ciri Musik Impresionisme…………….……………........……………. 3
D. Tokoh - tokoh Musik Impresionisme…..…………………………………. 4
DAFTAR PUSTAKA ……………..........................………………………………. 5











                                                                                                                                                     ii

Bab Pendahuluan

Musik Zaman Impresionisme

A .         PENGERTIAN MUSIK IMPRESIONISME

Musik yang ditandai oleh penggunaan akor-akor disonan yang waktu itu dianggap menyimpang dari kaidah yang telah mapan di masyarakat. Paduan nada yang kurang disenangi masyarakat justru menjadi mode khususnya untuk menutup suatu kadens.

Impresionisme adalah sebuah aliran yang berusaha menampilkan kesan-kesan pencayaan yang kuat, dengan penekanan pada tampilan warna dan bukan bentuk. Namun kalangan akademisi ada yang justru menampilkan kesan garis yang kuat dalam impresionisme ini. Aliran Impresionisme muncul dari abad 19 yang dimulai dari Paris pada tahun 1860an. Nama ini awalnya dikutip dari lukisan Claude Monet, "Impression, Sunrise" ("Impression, soleil levant"). Kritikus Louis Leroy menggunakan kata ini sebagai sindiran dalam artikelnya di Le Charivari.











B .         SEJARAH MUSIK IMPRESIONISME

Musik impresionis dihasilkan dari romantis dan musik rakyat akhir berevolusi. Dalam Debussy sebelum musik impresionisme telah mengungkapkan beberapa faktor di FF Chopin, F. Liszt, E. Grieg, П. Mussorgsky dan C.-A. Frank, R. Wagner antara karya-karya lain. Chopin sepenuhnya menyadari nilai warna akan sebagai musik independen merupakan faktor penting. Rumit, kabur, harmoni warna yang kaya Grieg, tetapi juga dapat digambarkan dengan temperamen Impresionisme tertentu.

 Persyaratan musik piano halus mereka dan penggunaan yang sangat baik dari pedal, pada Impresionisme musik piano memiliki pengaruh penting. Beberapa karya Liszt judulnya sendiri mengandung sifat impresionistik, seperti "api" kinerja dalam terang gerakan cepat, opera Wagner telah banyak kombinasi suara yang inovatif, "Rhine Emas" overture dipamerkan oleh naik-turun, berkabut suasana hati. Selain itu, musik oriental juga nutrisi penting musik impresionis, seperti 1889 Paris Pameran Dunia di Jawa dan pertunjukan musik Tenggara, ada inspirasi besar bagi Debussy.












C .         CIRI-CIRI MUSIK IMPRESIONISME

a.       Media Penyajian
Penggunaan alat musik flute dan klarinet selalu diarahkan untuk suara beregister rendah, sedangkan violin untuk register tinggi. Di samping itu, alat-alat musik trompet, horn, selesta, dan glokkenspiel mulai digemari untuk memainkan kalimat lagu pendek.

b.      Ritme
Sebagian besar karya-karya pada zaman Impressionisme ditandai dengan gerakan akor-akor paralel. Bahkan, mulai kelihatan kegemaran masyarakat dengan pemakaian akor-akor sembilan dengan denyutan-denyutan bas dari akor sustain.

c.       Melodi
Pada zaman Impressionisme ditandai dengan penggunaan melodi dan tangga nada yang dipengaruhi oleh musik gamelan.











D .         TOKOH - TOKOH MUSIK JAMAN IMPRESIONISME

a)         Acille Claude Debussy (1862–1918)
b)         MAURICE RAVEL (1875-1937)
c)         Bella Bartok







DAFTAR PUSTAKA

http://westbatavia.blogspot.com/2015/04/3-contoh-kata-pengantar-makalah-yang-baik.html?m=1
http://lelahusnakhalidia017.blogspot.com/2014/03/musik-zaman-impresionisme.html?m=1
http://www.berbagaireviews.com/2017/02/musik-zaman-impresionisme-dan-tokoh.html?m=1

Comments

Popular Posts